Senin, 24 Desember 2012

Manfaat Jogging atau Lari Pagi

Lari pagi atau jogging adalah sesuatu yang malas dilakukan bila tidak biasa dan sering kesiangan saat bangun pagi. Sulit untuk melakukannya, jika Anda belum pernah aktif apalagi jarang sekali dilakukan sebelumnya. Namun, lari pagi memiliki banyak manfaat baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus rutin menjalani aktivitas lari pagi.

Manfaat Jogging di Pagi Hari
Dengan bangun setengah jam lebih awal dan menggunakan waktu tersebut untuk lari pagi, Anda akan mendapatkan manfaat dalam jumlah besar. Jogging di pagi hari, sebelum melakukan aktivitas apapun anda akan dapat lebih banyak energi sepanjang hari. Meningkatkan energi akan membantu Anda lebih fokus sepanjang hari.

Jogging di pagi hari juga akan membantu meningkatkan metabolisme Anda sepanjang hari. Anda akan mengurangi kelebihan berat badan dan merasa lebih sehat. Ini juga baik untuk jantung Anda dan meningkatkan sirkulasi darah Anda.

Jogging di pagi hari juga berarti tidur lebih baik di malam hari. Anda akan merasa lebih santai dan bisa tidur melalui sepanjang malam. Jika Anda sudah menderita insomnia, kemudian pergi untuk berlari setiap pagi adalah aktifitas yang benar-benar dapat membantu Anda.

Buat Rutin Untuk Jogging
Bangun di pagi hari untuk jogging pagi bisa sulit pada awalnya. Namun, konsistensi adalah kunci. Akhirnya, bangun pagi untuk jogging akan jadi rutinitas dan Anda bahkan harus berpikir tentang hal itu. Bahkan, setelah hanya dua atau tiga minggu, Anda mungkin benar-benar ingin bangun pagi untuk lari pagi.

Jika Anda baru mulai untuk menarik diri keluar dari tempat tidur di pagi hari untuk jogging, ada beberapa tips, Yaitu:
1.    Malam sebelumnya, pastikan untuk menarik keluar pakaian jogging Anda dan paginya siap untuk dipakai.
2.    Jangan melewatkan hari tanpa lari pagi, tapi jangan berlebihan. Mulailah dengan jogging di hari-hari yang tidak sibuk untuk anda beraktivitas misalnya weekend.
3.    Perlahan-lahan, setelah 2 minggu, tambahkan satu hari lagi untuk campuran. Setiap minggu, tambahkan satu hari lagi. Setelah beberapa saat, Anda akan bisa bangun setiap pagi untuk joging karena telah terbiasa untuk melakukannya.

Pastikan untuk meregangkan otot-otot kaki (Pemanasan) Anda sekitar 2 sampai 3 menit sebelum memulai. Untuk memulai minggu-minggu pertama dalam melakukan lari pagi janganlah terlalu lama dalam melakukannya karena otot-otot Anda belum terbiasa, ketika sudah sering melakukannya tambahkan waktunya sesuai dengan porsi Anda.


Selamat Mencoba... Good Luck!

Sumber: voices.yahoo.com

3 komentar:

  1. Salam kenal gan,,,

    Waduh artikelnya bagus banget... Kalau boleh tau ni.. Ada ga batasan waktu yang efektif untuk melakukan jogging?? dan jenis baju senam wanita apa yang direkomendasikan untuk melakukan jogging?

    Thnks buat jawabannya... :)

    BalasHapus
  2. akhirnya dapet artigel yang bagus ini ..
    ternyata bayak sekali manfaat yang bisa kita dapakan dari lari pagi ya...
    cuma klo brki kaos kaki wanita untuk lari pagi dimana ya bisar dapat harga grosir..
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  3. terima kasih sarannya ..
    menjawab kebutuhan sy untuk bisa hidup sehat dan tidur yang teratur
    dan menggunakan kaos kaki wanita murah itu apakah sangat penting untuk persiapan lari pagi..

    BalasHapus