Kamis, 25 Oktober 2012

Manfaat Buah Tomat

5 Manfaat Kesehatan dari Tomat


Tomat sering dianggap sayuran, Tomat merupakan makanan yang sangat serbaguna. Buah yang dimakan enak, dalam salad atau sandwich, dan mengambil sumber rasa manis ketika dimasak. Kandungan asam yang tinggi pada buah tomat membuatnya menjadi makanan yang sempurna untuk pengalengan. Tomat adalah bagian penting program diet di Amerika yang sulit untuk percaya bahwa mereka pernah dianggap beracun. Itu tidak sampai pertengahan 1800-an bahwa mereka menjadi makanan pokok di AS.
Didalam satu tomat mengandung sekitar 22 kalori, 0 gram lemak, 5 gram karbohidrat, 1 gram serat makanan, 1 gram protein dan 6 miligram natrium dengan vitamin C, 20 persen dari RDA vitamin A, 2 persen dari RDA besi, dan 1 persen dari RDA kalsium. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari tomat :
 
1. Ward off Kanker
Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa orang yang sering memakan tomat memiliki resiko kanker lebih rendah, terutama paru-paru, lambung, dan kanker prostat. Sebuah zat yang disebut lycopene, yang bertanggung jawab untuk warna tomat merah, diperkirakan menjadi alasan untuk efek kanker pelindung. Olahan, tomat mengandung lycopene bahkan lebih dari yang baku. Jika tomat dimasak maka dapat menuruni dinding sel, membuat kandungan lycopene menghilang dari tomat. Makan tomat dengan sedikit lemak atau dimakan mentah, seperti minyak zaitun, membantu lycopene akan lebih baik diserap oleh tubuh.
 
2. Mencegah Kerusakan DNA
Tomat kaya akan antioksidan penting seperti vitamin C dan vitamin A. Vitamin ini bekerja untuk menangkis kerusakan DNA akibat radikal bebas. Akibatnya, tomat dapat membantu untuk menangkal penyakit terkait usia seperti aterosklerosis dan diabetes.
 
3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Tomat mengandung nutrisi penting, seperti niacin, asam folat dan vitamin B6, yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Suatu studi menemukan bahwa wanita yang makan 7 sampai 10 porsi produk tomat per minggu memiliki risiko 29 persen lebih rendah dari penyakit jantung dibandingkan wanita yang mengonsumsi kurang dari satu porsi setengah dari produk tomat setiap minggu. Hasil itu bahkan lebih mengesankan ketika wanita makan kaya minyak produk tomat.
 
4. Melindungi Terhadap Trombosis
Studi lain menunjukkan bahwa minum 8 ons jus tomat setiap hari mengurangi agregasi trombosit secara signifikan, antara subyek penelitian. Mereka minum plasebo tidak menunjukkan manfaat yang baik, Sangat penting untuk minum rendah sodium jus tomat jika Anda mencoba untuk melindungi terhadap trombosis (pembekuan darah di pembuluh darah), sebagai tingkat natrium tinggi dapat menyebabkan efek negatif untuk jenis penyakit.
 
5. Mengurangi Peradangan
Sebuah studi buta ganda menemukan bahwa minum segelas jus tomat setiap hari dapat mengurangi kadar TNF-alpha sebesar 34 persen. TNF-alpha menyebabkan peradangan. Tingkat tinggi telah ditemukan pada individu dengan paling kronis, penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker, osteoporosis, dan Alzheimer.

Sumber:
http://www.fitday.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar