Selasa, 01 Januari 2013

Manfaat Air

Tahukah Anda bahwa berat badan Anda yaitu sekitar 60 persen air? Tubuh Anda menggunakan air dalam semua sel-sel, organ, dan jaringan untuk membantu mengatur suhu dan mempertahankan fungsi tubuh lainnya. Karena tubuh Anda kehilangan air melalui pernapasan, keringat, dan pencernaan, sangat penting untuk rehydrate dengan minum cairan dan makan makanan yang mengandung air. Jumlah air yang Anda butuhkan tergantung pada berbagai faktor, termasuk iklim / cuaca ditempat tinggal Anda. Berikut adalah beberapa manfaat air lainnya dalam kehidupan kita:

1.    Air Melindungi Jaringan Anda, Spinal Cord, dan Sendi
Air tidak lebih dari sekadar melepas dahaga sekaligus mengatur suhu tubuh Anda, tetapi juga membuat jaringan dalam kondisi lembab dalam tubuh Anda. Anda tahu bagaimana rasanya ketika mata, hidung, atau mulut kering akan? Menjaga tubuh Anda dari dehidrasi membantu mempertahankan tingkat optimal dari kelembaban di daerah-daerah sensitif, serta dalam darah, tulang, dan otak. Selain itu, air membantu melindungi sumsum tulang belakang, dan bertindak sebagai pelumas dan bantal untuk sendi Anda.

2.    Air Membantu Tubuh Anda Menghapus Limbah didalam tubuh Anda
Asupan air yang cukup memungkinkan tubuh Anda untuk mengeluarkan limbah melalui keringat, buang air kecil, buang air besar dan lainnya. Ginjal dan hati menggunakannya untuk membantu mengeluarkan limbah, seperti halnya usus Anda. Air juga bisa membuat Anda mendapatkan sembelit dengan pelunakan tinja Anda dan membantu memindahkan makanan yang Anda sudah makan melalui saluran pencernaan Anda. Namun, perlu dicatat bahwa tidak ada bukti untuk membuktikan bahwa meningkatkan asupan cairan Anda akan menyembuhkan sembelit.

3.    Air Pada Pencernaan
Pencernaan dimulai dengan air liur, dasar yaitu air. Pencernaan bergantung pada enzim yang ditemukan dalam air liur untuk membantu memecah makanan dan cairan, untuk melarutkan mineral dan nutrisi lainnya. Pencernaan membuat mineral dan nutrisi lebih mudah diakses bagi tubuh. Air juga diperlukan untuk membantu Anda mencerna serat larut. Dengan bantuan air, serat ini mudah larut dan manfaat kesehatan usus Anda dengan membuat well-formed, tinja yang mudah untuk dikeluarkannya.

4.    Air Mencegah Diri Anda Dari Dehidrasi
Tubuh Anda kehilangan cairan saat Anda melakukan olahraga berat, berkeringat di suhu yang panas, atau turun dengan demam atau kontrak penyakit yang menyebabkan muntah atau diare. Jika Anda kehilangan cairan untuk setiap alasan ini, penting untuk meningkatkan asupan cairan Anda sehingga Anda dapat mengembalikan tingkat alami tubuh dari dehidrasi. Dokter mungkin juga merekomendasikan bahwa Anda minum lebih banyak air untuk membantu mengobati kondisi kesehatan lainnya, seperti infeksi kandung kemih dan batu saluran kemih. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter Anda tentang asupan cairan Anda karena tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak air dari yang biasanya, terutama jika Anda sedang menyusui.

Seberapa Banyak Air yang kita minum dalam sehari ?
Setiap hari Anda kehilangan air melalui, keringat Anda, urin, buang air besar dan lain-lain. Agar tubuh berfungsi dengan baik, Anda harus mengisi pasokan air dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air.  Salah satu instintut kesehatan di Amerika menetapkan bahwa asupan air yang memadai untuk laki-laki adalah sekitar 3 liter (sekitar 13 gelas) minuman sehari keseluruhan dan bagi perempuan adalah 2,2 liter (sekitar 9 gelas) minuman sehari keseluruhan.


sumber: www.everydayhealth.com, edition.cnn.com/HEALTH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar