Minggu, 14 April 2013

Berbagai Manfaat Teh


Mungkin sudah banyak yang sering meminum teh, tetapi apakah anda tahu manfaat dari teh itu sendiri? Manfaat Teh itu banyak, yaitu dapat menurunkan berat badan hingga mencegah penyakit jantung. berikut adalah penjelasan singkat dari manfaat meminum teh, diantaranya yaitu:

1. Menurunkan Berat Badan
Mungkin hal ini sudah banyak yang tahu, khususnya bagi anda yang sedang melakukan diet. Menurut sebuah studi, teh hijau tampaknya dapat mempercepat pembakaran kalori termasuk kalori lemak. Didalam teh mengandung catechin, antioksidan yang berguna mempercepat pembakaran kalori.
2. Dapat memperlambat penuaan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan bersama-sama oleh para peneliti dari Amerika Serikat, Jepang, dan Taiwan. Tikus yang diberi minum teh menimbulkan tanda-tanda yang lebih sedikit mengalami penuaan daripada tikus yang hanya diberi air.

3. Alergi
Dalam tes dilaboratorium, peneliti Jepang telah menemukan bahwa antioksidan dalam teh hijau, membuang proses biokimia yang terlibat dalam menghasilkan respon alergi.

4. Mengurangi radang sendi
Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Michigan Health System ini menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu menghambat proses peradangan dan mengurangi rasa sakit pada penderita rheumatoid arthritis. Manfaat teh hijau ini berkaitan dengan kandungan senyawa Epigallocatechin-Gallate (EGCG) di dalamnya. Senyawa EGCG adalah senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan pada sel.

5. Menguatkan Tulang
Meminum teh hijau bisa mencegah terjadinya osteoporosis dengan mempertahankan kepadatan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa perempuan berusia 70-85 tahun yang meminum teh secara rutin memiliki kepadatan tulang pinggul yang lebih banyak dibandingkan perempuan yang tidak meminum teh.

6. Menurunkan kadar kolesterol.
Penelitian mengenai epigallocatechin gallate (EGCG)  yang merupakan komponen bioaktif paling dominan di dalam teh terbukti bisa mencegah terjadinya percepatan oksidasi kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

7. Mengurangi resiko kanker
Hal ini disebabkan karena teh memiliki senyawa fitokimia yang berfungsi melindungi organ dari serangan kanker.
8. Mencegah Penyakit Jantung
Sering minum teh setiap hari dalam jumlah yang wajar, bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung.

Sumber: Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar